SMPN 12 BANDUNG TERAPKAN STEM PADA PJJ BERBASIS KEWIRAUSAHAAN

BERHASIL LAKUKAN TEROBOSAN DENGAN KONSEP PJJ KEWIRAUSAHAAN, KINI SMPN 12 BANDUNG TERAPKAN STEM DALAM PJJ

Sumber : Dokumentasi SMPN12 Bandung

Setelah lakukan gebrakan di Semester Ganjil dengan konsep PJJ Berbasis Kewirausahaan,  di Semester Genap ini SMPN 12 kembali lakukan pengembangan program. Masih dalam bingkai PJJ Berbasis Kewirausahaan, sekolah di kawasan Bandung Utara ini mencoba menerapkan pendekatan STEM dalam project pembelajarannya. PJJ yang mengusung Tema  ‘PJJ Kewirausahaan membentuk Karakter Pelajar Abad 21’ mencakup 4 target program utama, yakni   (1) Implementasi Pendekatan STEM dalam Pembelajaran, (2) Penguatan Literasi dan Numerasi, (3) Membangun Karakter Kewirausahaan, dan (4) Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Program ini telah disosialisasikan secara bertahap kepada Guru-guru di sekolah, Siswa dan Orang tua pada tanggal 11-15 Januari 2021. Kasie Kurikulum Disdik Kota Bandung, Drs.H.Bambang Aryanto, M.Pd. bahkan menyatakan dukungannya atas program yang diusung SMPN 12 Bandung. “Saya sangat mengapresiasi, dan atas nama Disdik kota Bandung menyambut baik serta mendukung 1000% atas pelaksanaan Program STEM di SMPN 12 Bandung”, demikian pernyataannya disampaikan dalam Pembukaan IHT STEM, tanggal 12 Januari 2021 secara virtual.

Arahan Kasie Kurikulum Disdik Kota Bandung  dalam IHT STEM SMPN 12 Bandung.
 (Sumber : Dok.Sekolah,12/1/2021).

PJJ STEM TAK BOLEH MATI GAYA

Agus Deni Syaeful, M.MPd.- Kepala SMPN 12 Bandung tegaskan akan menerapkan Pendekatan STEM pada pelaksanaan PJJ di Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini disampaikannya saati kegiatan sosialisasi Program Awal Semester pada Rapat Guru SMPN 12 Bandung, tanggal 11 Januari  2021. Dalam Pemaparannya, Agus Deni (Aden) memberikan sejumlah alasan mengapa harus mulai menerapkan STEM pada pembelajaran. Disamping kewajiban sekolah untuk terus membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dan skill yang dibutuhkan di zamannya, juga Aden tekankan bahwa Implementasi STEM ini juga dalam upaya mendukung program Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam Penerapan STEM secara massif di SMP Kota Bandung.  Menurutnya program ini sangat bagus dan relevan dengan kebutuhan siswa di masa kini dan mendatang dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pendekatan STEM juga bisa memfasilitasi pembentukan karakter kewirausahaan yang menjadi target PJJ Berbasis Kewirausahaan, meningkatkan kemampuan Literasi serta membentuk Profil Pelajar Pancasila.

Ada target yang disampaikan Aden dalam sosialisasi ini, bahwa SMPN 12 akan melaksanakan Expo STEM di akhir Project secara virtual. Besar harapan Program ini mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah, Dinas Pendidikan serta stakeholder. Di akhir sosialisasi, Aden mengutif penyataan Kabid P3TK Disdik Kota Bandung, Dr. Edy Suparjoto, S.Pd.,M.Pd,  ”SMPN 12 Bandung tidak boleh mati gaya. PJJ kali ini memang terjadi karena Pandemik Covid 19, namun kita perlu mulai terus membiasakan dan serius merancang PJJ ini lebih bermakna, karena PJJ sesungguhnya merupakan konsep pembelajaran masa depan yang harus disiapkan dengan matang” Pungkasnya.

(Titinada- redaksi, 25/2/2021)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s